بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْم. Saya menghadirkan terjemahan kitab Hasyiyah Syaikh Ibrahim al Bajuri beserta harokatnya dengan menggunakan OpenAI. Tentunya, benar atau tidaknya hasilnya, saya tidak bisa memastikan karena keterbatasan kemampuan saya. Anda cukup mengandalkan seorang ahli kitab lain untuk menilainya.

 

(تَرْجَمَة حَيَاة الْمُؤَلِّف) Tentang Hayat Sang Penulis

Alim Ulama Syaikh Ibrahim Al-Bayjuri (الْعَلَّامَة الشَّيْخ إِبْرَاهِيم الْبَيْجُوْرِي)

 

هُوَ الْعَلَّامَة الْفَاضِل الشَّيْخ إِبْرَاهِيم بِن مُحَمَّد بِن أَحْمَد الشَّافِعِي الْبَيْجُوْرِي أَوْ الْبَاجُوْرِي، نَسَبَة إِلَى بَاجُور، مَرْكَز مِن مِدْيِرِيَّة الْمَنُوْفِيَّة بِمِصْر الْمَحْرُوْسَة؛ وَلِدَ سَنَة ۱۱۹۸ هِجْرِيَّة، الْمُوَافِق سَنَة ۱۷۸٤ مِيلَادِيَّة. نَشَأَ فِي حَجْر أَبِيه وَقَرَأَ الْقُرْآن الْكَرِيْم، وَقَدَّمَ إِلَى جَامِعَة الْأَزْهَر الشَّرِيْف فِي طَلَب الْعِلْم وَهُوَ اِبْن أَرْبَعَ عَشَرَة سَنَة

Beliau adalah alim ulama yang mulia, Syekh Ibrahim bin Muhammad bin Ahmad Asy-Syafi'i Al-Bayjuri atau Al-Bajuri, berasal dari Bajur, pusat dari wilayah Al-Minufiyah di Mesir. Beliau lahir pada tahun 1198 Hijriah atau 1784 Masehi. Dalam masa kecilnya, beliau dibesarkan di lingkungan ayahnya dan mempelajari Al-Quran. Kemudian, pada usia empat belas tahun, beliau berangkat ke Universitas Al-Azhar untuk menuntut ilmu.

وَفِي مُدَّةٍ قَلِيْلَةٍ ظَهَرَتْ عَلَيْهِ آيَات النُّجَاح، فَدَرَّسَ وَدَّرَّسَ، وَتَعَلَّمَ وَعَلَّمَ، وَأَلَّفَ التَّأْلِيْف الْعَدِيْدَة الْجَامِعَة الْمُفِيْدَة؛ وَأَوَّل مُؤَلَّفَاتِهِ حَاشِيَّتِهِ عَلَى رِسَالَة فِي لَا إِلَهَ إِلَّا الله لِلشَّيْخ مُحَمَّد الْفَضَّالِي، أَلَّفَهَا سَنَة ۱۲۲۲ هِجْرِيَّة وَهُوَ اِبْن أَرْبَع وَعِشْرُوْنَ سَنَة مِنْ عُمُرِهِ. وَقَدْ بَلَغَتْ مُؤَلَّفَاتُهُ نَحْوًا مِنْ عِشْرِيْنَ مُؤَلَّفًا، كُلّهَا مَطْبُوْعَة؛ وَآخِرُ مُؤَلَّفَاتِهِ رَحِمَهُ الله تَعَالَى حَاشِيَّتِهِ عَلَى الْعَلَّامَة اِبْن قَاسِم الْغَزِي عَلَى مَتْن أَبِي شُجَاع الْأَصْفَهَانِي فِي الْفِقْه الشَّافِعِيّ، وَهِيَ الَّتِي نَحْنُ بِصَدْدِهَا. وَهِيَ جُزْآن كَبِيْرَان، أَتْمَهَا سَنَة ۱۲٥٨ هِجْرِيَّة، وَهِيَ آخِر مَا أَتْمَ تَأْلِيْفَهُ

Dalam waktu singkat, beliau menunjukkan tanda-tanda kecemerlangan. Beliau belajar dan mengajar, belajar dan mengajarkan, serta menulis berbagai karya yang bermanfaat. Salah satu karyanya yang pertama adalah komentar atas risalah tentang kalimat La ilaha illallah karya Syekh Muhammad Al-Fadhali. Beliau menulisnya ketika berusia dua puluh empat tahun. Total karya tulisnya mencapai sekitar dua puluh lebih, semuanya telah dicetak. Karya terakhirnya adalah komentar atas karya ulama besar Ibnu Qasim Al-Ghazzi tentang Fiqh Syafi'i, dan itulah yang sedang kita bicarakan saat ini. Karya ini terdiri dari dua jilid, diselesaikan pada tahun 1258 Hijriah, dan merupakan karya terakhir yang beliau selesaikan.

تَقَلَّدَ رَحِمَهُ الله مُشَيِّخَة الْأَزْهَر الشَّرِيْف سَنَة ١٢٦٣ هِجْرِيَّة إِلَى أَن تَوَفَّاهُ الله عَزَّ وَجَلَّ. تَقَلَّدَ هَذِهِ الْمُشَيِّخَة وَلَمْ يَزَلْ مُسْتَمِرًا عَلَى الدِّرَاسَة بِهِ مَعَ قِيَامِهِ يُشَئُوْنَ الْمُشَيِّخَة. وَقَدْ أَخَذَ عَنْهُ كِبَار الْعُلَمَاء الْأَعْلَام مَمَّنْ كَانَ فِي عَصْرهُ. وَكَانَ الشَّيْخ الْبَاجُوْرِي رَجُلًا مُهِيْبًا بَيْنَ الْأَنَام، وَعِنْدَ الْوُلَاة وَالْحُكَّام؛ فَكَانَ عَبَّاس بَاشَا الْأُوْلَى، ثَالِث الْوُلَاة مِنْ أُسْرَة مُحَمَّد عَلِيّ بَاشَا، كَانَ يَزُوْرُهُ فِي دَرْسِهِ بِالْأَزْهَر الشَّرِيْف، فَلَا يَقُوْمُ لَهُ، بَلْ يَجْلِسُهُ عَلَى كُرْسِيّ مِنْ جَرِيْد خَارِج الدَّرْس

Beliau diangkat menjadi kepala Universitas Al-Azhar pada tahun 1263 Hijriah dan menjabat hingga Allah Ta'ala mencabut nyawanya. Selama masa kepemimpinannya, beliau tetap meneruskan studi di universitas tersebut, dan banyak ulama besar yang belajar darinya pada zamannya. Syekh Al-Bajuri dikenal sebagai seorang yang agung di antara orang-orang, di hadapan penguasa dan pemimpin. Abbas Pasha, gubernur ketiga dari dinasti Muhammad Ali Pasha, biasa mengunjunginya di madrasah Al-Azhar. Abbas Pasha tidak pernah berdiri ketika bertemu dengannya, tetapi selalu mempersilahkan beliau duduk di kursi yang disiapkan di luar kelas.

وَكَانَ دِيْدَانَهُ رَحِمَهُ الله تَعَالَى التَّعَلُّم وَالِاسْتِفَادَة، وَالتَّعْلِيْم وَالْإِفَادَة؛ وَكَانَ لَهُ حِسٌّب جَسِيْم لأَهْل بَيْت النَّبِي صَلَّى الله عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ وَكَانَ لِسَانَهُ رَطْبًا بِتِلاَوَة الْقُرْآن الْعَظِيْم وَبِذِكْر الله الْحَلِيْم الْكَرِيْم. وَبِالْجُمْلَة فَكَانَ الشَّيْخ الْبَاجُوْرِي رَحِمَهُ الله صَارِفًا زَمَنَهُ فِي طَاعَة مَوْلَاهُ، شَاكِرًا لَهُ عَلَى مَا أَوْلَاهُ، وَلِذَا حَصُلَ النَّفَع وَالِانْتِفَاع بِتَأْلِيْفِهِ وَحَوَاشِيِّهِ فِي حَيَاتِهِ وَبَعْد مَمَاتِهِ

Beliau hidup dengan semangat belajar dan mengajar, memberi manfaat kepada orang lain dan selalu bersungguh-sungguh dalam beribadah kepada Allah. Beliau memiliki hubungan yang kuat dengan keluarga Nabi Muhammad SAW. Lisannya selalu basah dengan membaca Al-Quran yang agung dan mengingat Allah yang penyantun dan pemurah. Keseluruhannya, Syekh Al-Bajuri hidup dalam ketaatan kepada Tuhannya, bersyukur atas apa yang diberikan-Nya, sehingga karya tulisannya memberikan manfaat dan digunakan oleh orang lain selama hidupnya dan setelah beliau meninggal.

اِنْتَقَلَ الشَّيْخ الْبَاجُوْرِي طَيِّب الله ثَرَاهُ إِلَى رَحْمَة مَوْلاَهُ سَنَة ۱۲۷۷ هِجْرِيَّة، الْمُوَافِق سَنَة ١٨٦٠ مِيلَادِيَّة، بَعْدَ أَنْ عَاشَ نَحْوًا مِنْ ثَمَانِيْنَ سَنَة، كُلّهَا خَيْر وَبَرَكَة، سَقَى الله ثَرَاهُ صُبِّيْبَ الرَّحْمَة وَالرِّضْوَان، وَأَسْكَنَهُ أَعْلَى فِرَادِيْس الْجَنَّان

Syekh Al-Bajuri meninggal dunia pada tahun 1277 Hijriah, yang bersamaan dengan tahun 1860 Masehi. Beliau meninggalkan warisan ilmu yang berharga setelah hidup selama sekitar delapan puluh tahun, yang semuanya penuh dengan kebaikan dan berkah. Semoga Allah menyiramkan rahmat dan ridha-Nya ke atasnya, dan menempatkannya di surga yang paling tinggi.

 

Posting Komentar untuk " "