Friday, January 4, 2019

Bisnis MLM, dan Bagaimana Cara Memilih MLM yang Baik dan Aman

Apa pengertian dari MLM? Kepanjangan dari MLM sendiri adalah Multi Level Marketing, dimana definisi Multi Level Marketing (MLM) secara umum adalah model pemasaran yang menggunakan mata rantai Up Line-Down Line dengan memotong jalur distribusi. Uraian menurut APLI (Assosiasi Pengusaha Langsung Indonesia) saat ini terdapat lebih 200-an perusahaan yang menggunakan sistem MLM dengan karakteristik, pola dan system tersendiri.

Dalam dunia yang makin modern, sebuah usaha atau bisnis memang akan terus berkembang dan bertumbuh. Salah satu bentuk usaha untuk mencari penghasilan di era modern yang muncul itu adalah bisnis MLM (Multi Level Marketing). MLM sendiri saat ini sudah banyak berkembang luas. Hal ini dibuktikan dengan banyak jenis MLM yang bisa dipilih seseorang. Lalu apa bisnis MLM itu sendiri? MLM adalah strategi pemasaran berjenjang atau berantai, di mana tenaga penjual (sales) tidak hanya mendapatkan kompensasi atas penjualan yang mereka hasilkan, tetapi juga atas hasil penjualan sales lain yang mereka rekrut. Dalam sistem penjualan piramida atau pemasaran jaringan ini, ada istilah anggota “up line” dan “downline", yaitu orang-orang yang melakukan penjualan produk setelah sebelumnya berdasarkan urutan rekrutan atau pendaftaran. Dalam sistem ini Up-line diharuskan untuk mencari down-line sebanyak-banyaknya agar mendapatkan bonus atau penghasilan yang berlipat-lipat.


Apakah sampai sekarang, kamu yang masih beranggapan bisnis multi level marketing (MLM) itu penipuan? Memang berisiko, tapi bisnis tersebut tetap bisa menguntungkan. Ada beberapa perusahaan terpercaya yang dikenal tidak sekedar mengumbar janji dalam bisnis "downline-nya".
Faktor terpenting adalah adanya surat izin usaha penjualan langsung (SIUPL). Selain itu banyak dari mereka yang tidak membebankan anggotanya untuk prospek downline. Seiring dengan perkembangan dunia bisnis di Indonesia, inilah 7 yang masih bertahan.

Di era perdagangan bebas saat ini, dimana harga sembako dan kebutuhan semakin meningkat, tampaknya kegiatan berbisnis sudah mulai dilirik banyak orang. Salah satunya yang sedang booming adalah Multi Level Marketing atau biasa disebut bisnis MLM. Walaupun bisnis dengan sistem penjualan berjenjang ini sudah cukup akrab di telinga kita, namun pada kenyataannya sebagian masyarakat belum memahaminya.

Biar makin jelas, yuk pelajari tips memilih dan ciri-ciri bisnis MLM terpercaya berikut ini.

1. Pilih MLM yang punya produk jelas dan beragam

Seperti udah disinggung sebelumnya, bisnis MLM bodong biasanya gak punya produk yang jelas dan beragam.

2. Perusahaan terdaftar pada asosiasi tertentu dan badan hukum

Kamu bisa pastikan pula bahwa perusahaan tersebut udah terdaftar pada asosiasi dan badan hukum tertentu.

3. Perusahaan tersebut menggunakan sistem yang udah teruji

Perusahaan MLM yang jelas menggunakan sistem yang udah teruji. Misalnya, perusahaan menyediakan alat bantu usaha seperti buku, kaset atau pertemuan rutin.

Kalau perusahaan MLM tersebut menawarkan keuntungan maksimal dengan usaha minimal maka kamu patut waspada deh. Contoh, anggotanya cuma diminta fokus buat cari downline aja dan si downline dituntut banget buat cari downline lagi.

https://www.maxmanroe.com/bisnis-mlm.html
https://www.cermati.com/artikel/bisnis-mlm-apa-itu-dan-cara-memilih-mlm-yang-baik
https://www.idntimes.com/business/economy/reza-iqbal/7-bisnis-mlm-terpopuler-di-indonesia-1
https://www.kompasiana.com/navirtaayu/5a58d4b7dd0fa83a3529d112/halalkah-bisnis-mlm?page=all
https://cintaihidup.com/10-hal-yang-harus-kamu-ketahui-sebelum-memulai-bisnis-mlm/
https://www.moneysmart.id/tentang-bisnis-mlm-yang-kerap-dipandang-sebelah-mata/

Artikel Terkait