Pendidikan Sistem Jadul - Lulusan SMA Bakal Mandul

Sistem pendidikan di Indonesia itu selau meributkan pergantian kurikulum dan lainnya yang berkaitan dengan sistem belajar-mengajar. Tapi lupa, tidak banyak perubahan materi dari yang tersifat teoritik ke bersifat praktik. Membangun skill itu sulit dan bisa mahal, bukan mainan! Bila mau menguasai dunia bahasa dan sastra, harus punya kumputer dan lainnya. Begitu juga bila mau menguasai ilmu-ilmu lainya. Kalau pengeluaran hanya difokuskan untuk hal-hal yang tidak penting, haduh bakal akan menelantarkan hal-hal yang dianggap penting.

Saya ingin bertanya kepada lulusan SMA, "Ilmu sekolah ente buat apa?" Ini, pertanyaan ini rata-rata tidak terjawab dengan baik oleh lulusan SMA yang lebih ke arah produktifitas keilmuan. Padahal sudah selama 12 tahun belajar ilmu "ini ono" eh ujung-ujungnya "kucrut", bekhkh.

Di situ ada Ilmu bahasa dan sastra, maka berpotensi membangun novelis. Di situ ada ilmu fisika, maka akan menghasilkan pakar elektro dan mekanik. Di situ ada ilmu geografi, yang akan menghasilkan pakar arsitek dan pembangunan. Dan masih banyak lagi...

Manajemen tentang pembangunan skill kurang diperhatikan, padahal ini era online yang berpotensi menghasilkan berbagai informasi yang berkaitan dengan skill yang dibutuhkan. Karena tidak ada perhatian, siswa pun akan kesulitan mendalami informasi yang tesebar di internet. Lah, masih saja ribut memikirkan pergantian sistem belajar-mengajar.

0 Response to "Pendidikan Sistem Jadul - Lulusan SMA Bakal Mandul"

wdcfawqafwef