Senin, 15 Agustus 2011

Manusia Egois dan Harga diri Rendah

Sebuah pernyataan terbalik dari yang kita kira dari pernyataan Les Giblin. Ia mengatakan orang egois menderita karena memang harga dirinya terlalu rendah bukan karena harga dirinya terlalu tinggi.

Sehingga bila kita menghadapi orang egois (terlalu) maka seakan-akan kita merasa tidak punya harga diri. Padahal seperti yang dikatakan Les Giblin orang egois itu menderita kerendahan harga diri.

Entah benar apa tidak pernyataan Les Giblin, yang jelas pernyataan tersebut telah membantah anggapan yang telas diyakini sejak dahulu. Keyakinan itu adalah tentang orang egois yang merasa kesulitan karena terlalu memandang tinggi dirinya dan memiliki harga diri yang terlalu besar. Sehingga dalam tiap hubungan antarmanusia menimbulkan pertikaian-pertikaian dengan dirinya dan orang lain tiap kali harga diri orang egois terancam.

Bila kita punya hubungan baik dengan diri kita maka akan punya hubungan baik dengan orang lain. Tentu, kita mempunyai harga diri yang baik dan menjaga egois kita dengan bijaksana.

Bonaro Overstreet dalam buku Les Giblin (Judul bulu klik di sini) menceritakan contoh pertikaian individu dengan dirinya sendiri dan pertikaian dengan orang lain. Terbukti dari pertikaian tersebut masalah utamanya adalah karena kurangnya harga diri. Tentu, obatnya adalah dengan memulihkan harga dirinya.

Tetapi bila seseorang tersebut menyukai dirinya maka akan bisa menyukai orang lain. Begitu seseorang berhasil mengatasi ketidak-puasan (dalam memenuhi harga dirinya) yang menyakitkan pada dirinya, seseorang tidak akan terlalu suka mencela dan lebih toleran kepada orang lain.

Orang egois adalah orang yang miskin akan harga diri. Tetapi bila kita bijak mengatur ego kita, maka yang terjadi adalah kesejahteraan hubungan dengan diri kita sendiri dan orang lain. Tentu, ini adalah pembelajaran terbaik tentang bagaimana mengatur egois kita.

Salam Cerdas!


Bacaan Lainnya



2 komentar:

UJANG mengatakan...

INFO YG MENARIK

Lubab El-Zaman mengatakan...

makasih pujiannya...ya sekedar mengutip buku

 

Copyright www.elbuyz.blogspot.com