Ilmu dan Pengetahuan

Sebelum membahas tentang judul di atas, saya ingin bermain kata-kata. Apa maksud dari kalimat "Ilmu untuk pengetahuan dan pengetahuan untuk ilmu?"
Sudah Anda pahami kalimat tersebut??? Pasti sudah. Kalau sudah, baik kita lanjutkan pembahasan tentang ilmu dan pengetahuan.

A. Ilmu
Menurut Wikipedia, arti dari ilmu adalah seluruh usaha sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pemahaman manusia dari berbagai segi kenyataan dalam alam manusia. Nah, apa yang kita selidiki? Jadi, manusia yang sebagai tukang ilmu berusaha secara sadar untuk menyelidiki, menemukan dan meningkatkan pengetahuan. Jadi, pengetahuan-pengetahuan akan membentuk ilmu.

Contoh: Sang tukang ilmu melihat ada ibu-ibu saling bergosip, suaminya marah karena sudah masakan belum juga matang, anaknya tidak terurus karena ibu dan ayahnya hanya sibuk pada urusannya sendiri. Lalu si tukang ilmu menindaklanjuti gejala yang ia ketahahui untuk menemukan pemahaman. Biasanya untuk menindaklanjuti gejala tersebut dengan melakukan penelitian. Pada akhirnya, sampailah pada kesimpulan yaitu menghasilkan ilmu Sosiologi (ya bisa juga ilmu yang lain)

Maka ada aturan-aturan tertentu agar bisa disebut ilmu. Ini dia aturan-aturannya yang saya kutip dari Wikipedia.
  1. Objektif. Ilmu harus memiliki objek kajian yang terdiri dari satu golongan masalah yang sama sifat hakikatnya, tampak dari luar maupun bentuknya dari dalam.
  2. Metodis adalah upaya-upaya yang dilakukan untuk meminimalisasi kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam mencari kebenaran.
  3. Sistematis. Dalam perjalanannya mencoba mengetahui dan menjelaskan suatu objek, ilmu harus terurai dan terumuskan dalam hubungan yang teratur dan logis sehingga membentuk suatu sistem yang berarti secara utuh, menyeluruh, terpadu , mampu menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut objeknya.
  4. Universal. Kebenaran yang hendak dicapai adalah kebenaran universal yang bersifat umum (tidak bersifat tertentu). Contoh: semua segitiga bersudut 180ยบ. Karenanya universal merupakan syarat ilmu yang keempat.
Masuk akal tidak pada kalimat pengetahuan untuk ilmu?

B. Pengetahuan
Sekarang giliran pengetahuan yang akan saya bahas. pengetahuan menurut kamus bahasa indonesia adalah segala sesuatu yg diketahui. Pengetahuan menurut wikipedia adalah "pelbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan akal". Pengetahuan adalah kita mengetahui bahwa langit itu berwarna biru, awan hitam menurunkan air, dan awan itu berasal dari kumpulan uap dari air bumi. Bisa juga pengetahuan adalah mengetahui ilmu (misal tentang ilmu Geografi) itu sendiri.

Masuk akal tidak kalau ilmu untuk pengetahuan?

C. Antara Ilmu dan Pengetahuan
Dari penjelasan di atas, saya katakan bahwa keduanya tidak bisa berdiri sendiri. Keduanya saling berkaitan. Apa yang kita sebut ilmu adalah kumpulan pengetahuan-pengetahuan yang sifatnya sistematis. Apa yang kita sebut pengetahuan adalah rangkaian dari ilmu itu sendiri.

Salam Cerdas!

0 Response to "Ilmu dan Pengetahuan"

wdcfawqafwef