Ide Menulis, Menulis Ide

Belajar menulis kali ini berkisar pada ide dan menulis. Sebelum membahas, saya ingin memberikan pertanyaan: Apakah ide untuk menulis atau menulis untuk ide? Pertanyaan ini yang harus dipecahkan oleh para pembelajar. Silahkan menjawab pertanyaan tersebut sekedar memberikan kesempatan dalam memilih jawaban.

Apakah sudah menjawab pertanyaan di atas? Bila sudah, baiklah, sekarang giliran saya untuk menjawab apa maksud dari memberikan pertanyaan seperti itu. Pertanyaan di atas, sekali lagi, adalah pertanyaan yang perlu dipecahkan untuk para pembelajar.

Mengenai ide untuk menulis, saya memberikan penjelasan begini.

Terkadang, atau bahkan sering, sebelum memulai pembelajaran menulis kita selalu mengawalinya dengan memunculkan ide yang akan dijadikan bahan tulisan nantinya. Memang seharusnya begitu.

Tapi, setelah ide itu ditulis sedemikian rupa; menjadi lembaran tulisan yang menarik dan bermanfaat dibaca, lantas tulisan itu diam-pasif tak lagi berkembang. Pembelajar berhenti dalam pengembangan tulisan dari ide yang didapatnya. Tulisan itu tak lagi memberikan ide untuk pembelajar atau malah memandang tak perlu mencari ide dari tulisan itu. Toh, tulisan itu brasal dari ide.

Bila kita seperti itu, pandangan kita harus segera ditambah bila ingin menjadi ahli dalam bidang keilmuan. Kita perlu menambahkan tentang menulis untuk ide.

Anda tahu karya penulis besar? Mereka adalah contoh orang yang menerapkan ide untuk tulisan dan tulisan untuk ide. Mereka melakukan pengembangan ide dalam bentuk tulisan. Lantas, mereka tidak melupakan tentang apa yang dituliskannya. Mereka menjadikan tulisan itu sebagai penghasil ide baru dalam usaha mengembangkan tulisan baru. Akhirnya, mereka memiliki sebuah buku yang patut dijadikan bahan bacaan dan bahan rujukan keilmuan.

Bila ingin belajar menulis dari seorang pakar menulis yaitu Pak Jonru, klik di sini untuk mengunjungi blognya. Beliau mendirikan sekolah menulis online.

Bila ingin tahu contoh ide untuk menulis dan menulis untuk ide, lihat di kategori tips belajar. Pembahasan di kategori itu berusaha untuk berurutan dari awal sampai akhir.

Salam Cerdas!

0 Response to "Ide Menulis, Menulis Ide"

wdcfawqafwef